Fadilah Bismillah 100x

Fadilah Bismillah 100x – Keutamaan dan Manfaat Luar Biasa

Posted on

Hasiltani.id – Fadilah Bismillah 100x – Keutamaan dan Manfaat Luar Biasa. Bismillah, sebuah kalimat sederhana yang memiliki kekuatan luar biasa. Ucapan “Bismillahirrahmanirrahim” yang berarti “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang” tidak hanya membawa berkah, tetapi juga memiliki fadhilah yang besar ketika diucapkan dengan penuh keikhlasan.

Salah satu amalan yang dianjurkan adalah membaca Bismillah sebanyak 100 kali. Fadilah Bismillah 100x ini diyakini mampu memberikan perlindungan dari berbagai bahaya, membuka pintu rezeki, serta membawa ketenangan batin.

Dalam setiap pengucapannya, ada doa dan keberkahan yang mengalir, menjadikan amalan ini sebagai perisai spiritual bagi setiap muslim yang melaksanakannya.

Ucapan Bismillah

Sebelum membahas fadilah Bismillah 100x, Hasiltani akan membahas ucapan bismillah.

Ucapan Bismillahirrahmanirrahim memiliki kekuatan untuk mendoakan dan membawa berkah, yang memberikan kebaikan kepada siapa saja yang mengucapkannya, terutama umat Muslim. Bahkan, malaikat Jibril pun memuliakan kata Bismillah, karena kalimat ini membawa kebaikan.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang begitu menyentuh hati: “Ketika Jibril datang kepadaku, ucapan pertama yang dia sampaikan dan berikan kepadaku adalah kata Bismillahirrahmanirrahim.” (HR. Daarulquthni dan Ibnu Umar r.a.)

Hal ini menunjukkan bahwa malaikat Jibril menggunakan kata Bismillah sebagai bentuk penghormatan dan pemuliaan kepada Allah SWT. Sikap ini tentu menjadi teladan yang patut ditiru oleh semua makhluk di bumi.

Bismillah 100x

Pada pembahasan fadilah Bismillah 100x, Hasiltani membgahas cara mengamalkan dan doanya.

Tata Laku:

  1. Lakukan puasa sunnah biasa selama 5 hingga 7 hari.
  2. Saat berpuasa, setiap malam baca wirid “Bismillahirrahmanirrahim” sebanyak 12.000 kali.
  3. Setelah selesai menjalankan riyadhoh, cukup amalkan wirid tersebut 100 kali setiap harinya.

Bacaan Doanya:

“Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma inni as’aluka bi fadhlika
Bismillahirrahmanirrahim wabihaqqi
Bismillahirrahmanirrahim wabihaybati
Bismillahirrahmanirrahim wabimanzilati
Bismillahirrahmanirrahim irfa’ qodriy wayassirli amri, wasrahli shodri
Ya man huwa
Kaf HA YA ‘Ain SOD ‘Ain SIN QOF ALIF LAM
MIM SOD ALIF LAM RO’ KHA MIM
Allah, tiada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup dan Maha Menegakkan.
Dengan rahasia keagungan dan kekuatan-Nya serta rahasia kerajaan dan kebesaran-Nya, jadikanlah aku termasuk hamba-Mu yang tunduk kepada-Mu, ya Allah, ya Tuhan semesta alam.”

Baca Juga :  Amalan Surat Yusuf Ayat 4 Pemikat Wanita

Setelah itu:

Wiridkan “Bismillahirrahmanirrahim” sebanyak 100 kali.

Catatan: Huruf hijaiyah yang ditulis dengan huruf kapital harus dibaca panjang, sekitar 3 hingga 6 harakat.

Fadilah Bismillah 100x

Berikut adalah Fadhilah Dahsyat dari Mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim 100 Kali:

  1. Menjadi benteng dan perisai dari serangan penyakit menular atau paparan radikal bebas yang berasal dari lingkungan sekitar.
  2. Mendapatkan pertolongan tak terduga dari Allah SWT.
  3. Melindungi diri dari kejahatan yang tiba-tiba, seperti perampokan, penculikan, penghujatan, pembunuhan, dan sebagainya.
  4. Membantu meluruskan pikiran menuju kebaikan dan menjaga agar selalu berpikir positif.
  5. Allah SWT akan mencukupi kebutuhan kita dengan cara yang tidak pernah kita duga sebelumnya.
  6. Menenangkan hati yang gelisah dan membuat pikiran menjadi lebih tenang.
  7. Menurunkan emosi yang sedang memuncak, terutama saat sedang marah dengan seseorang.
  8. Dapat menyadarkan hati para penguasa yang serakah, curang, dan zalim terhadap kaum kecil, jika diucapkan Bismillahirrahmanirrahim sebanyak 50 kali.
  9. Mendapatkan perlindungan malaikat dari gangguan dan godaan setan saat suami-istri sedang bersetubuh.
  10. Dapat membuat orang yang berniat jahat kepada kita tidak bisa melihat atau menyadari keberadaan kita.
  11. Melindungi keselamatan selama perjalanan jauh atau saat berangkat bekerja.
  12. Membuang rasa benci dan keraguan untuk berbuat kebaikan kepada orang lain, bahkan jika orang tersebut pernah menzalimi kita.

Manfaat-manfaat ini menunjukkan betapa besar kekuatan dari ucapan Bismillahirrahmanirrahim ketika diucapkan dengan niat yang tulus dan hati yang ikhlas.

Hadits-Hadits Keutamaan Bismillah

Setelah membahas fadilah Bismillah 100x, Hasiltani juga membahas hadits-hadits yang membahas keutamaan Bismillah.

Dalam Kitab Lubbabul Hadis bab ketiga, Imam As-Suyuthi (w. 911) mencatat sepuluh hadis yang menjelaskan tentang keutamaan ucapan Bismillahirrahmanirrahim. Hadis-hadis ini menggambarkan betapa dahsyat dan penuh berkahnya bacaan ini dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah ringkasan dari hadis-hadis tersebut:

Hadis Pertama

Rasulullah SAW bersabda:

قال صلى الله عليه وسلم: {مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ إلاَّ ذَابَ الشَّيْطَانُ كَما يَذُوْبُ الرَّصَاصُ عَلَى النَّارِ}.

“Tidak ada seorang hamba yang mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim kecuali setan akan hancur sebagaimana timah yang mencair di atas api.”

Baca Juga :  Lima Malam Mulia Menurut Abah Guru Sekumpul

Hadis Kedua

Rasulullah SAW bersabda:

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ إلاَّ أمَرَ الله تَعَالى الكِرَامَ الكَاتِبْينَ أن يَكْتُبُوا في دِيوَانِهِ أرْبَعْمَائَةِ حَسَنَةٍ}.

“Tidak ada seorang hamba yang mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim kecuali Allah memerintahkan malaikat yang mencatat amal untuk mencatat empat ratus kebaikan di buku catatannya.”

Hadis Ketiga

Rasulullah SAW bersabda:

وقالَ صلى الله عليه وسلم: {مَنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ مَرَّةً لَمْ يَبْقَ مِنْ ذُنُوبِهِ ذَرَّةٌ}.

“Siapa yang mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim sekali saja, dosa-dosa kecilnya akan dihapus tanpa tersisa sedikit pun.”

Hadis Keempat

Rasulullah SAW bersabda:

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ كَتَبَ بِسْمِ الله فَجَوَّدَ تَعْظِيما لله غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ}

“Siapa yang menulis Bismillah dan memperindah tulisannya demi mengagungkan Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu dan yang akan datang akan diampuni.”

Hadis Kelima

Rasulullah SAW bersabda:

وقال صلى الله عليه وسلم: {إذَا كَتَبَ أحَدُكُمْ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ فَلْيَمُدَّ الرَّحْمانَ}.

“Jika salah satu dari kalian menulis Bismillahirrahmanirrahim, hendaklah ia memanjangkan lafadz Ar-Rahmaan sebagai bentuk penghormatan.”

Hadis Keenam

Rasulullah SAW bersabda:

وقَالَ صلى الله عليه وسلم: {إنَّ الله سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى زَيَّنَ السَّمَاءَ بِالكَوَاكِب وَزَيَّنَ المَلائِكَةَ بِجِبْرِيلَ وَزَيَّنَ الجَنَّةَ بِالحُورِ وَالقُصُورِ، وَزَيَّنَ الأنْبِيَاءَ بِمُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم، وَزَيَّنَ الأيّامَ بِيَوْمِ الجُمُعَةِ، وَزَيَّنَ اللَّيَالِي بِلَيْلَةِ القَدْرِ، وَزَيَّنَ الشُّهُورَ بِشَهْرِ رَمَضَانَ، وَزَيَّنَ المساجدَ بالكَعْبَةِ، وَزَيَّنَ الكُتُبَ بِالقُرْآنِ، وَزَيَّنَ القُرْآنَ بِبِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ }.

“Allah menghias langit dengan bintang-bintang, menghias para malaikat dengan Jibril, menghias surga dengan bidadari, menghias para nabi dengan Muhammad SAW, menghias hari-hari dengan hari Jumat, menghias malam-malam dengan Lailatul Qadar, menghias bulan dengan bulan Ramadan, menghias masjid dengan Ka’bah, menghias kitab-kitab dengan Al-Qur’an, dan menghias Al-Qur’an dengan Bismillahirrahmanirrahim.”

Hadis Ketujuh

Rasulullah SAW bersabda:

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ كُتِبَ اسْمُهُ مِنَ الأبْرَارِ وَبرِىءَ مِنَ الكُفْرِ والنفاقِ}.

“Siapa yang mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, maka namanya akan ditulis sebagai orang yang baik dan terbebas dari kekufuran serta kemunafikan.”

Hadis Kedelapan

Rasulullah SAW bersabda:

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ غَفَرَ الله لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ}.

Baca Juga :  Manfaat dan Doa untuk Kekuatan Tarik Tambang

“Siapa yang mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa kecilnya yang telah lalu.”

Hadis Kesembilan

Rasulullah SAW bersabda:

وقال صلى الله عليه وسلم: {إذا قُمْتُمْ فَقُولُوا بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وصَحْبِهِ وَسَلَّمَ فإنَّ النَّاسَ إذا اغْتَابُوكُمْ يَمْنَعُهُمْ الملك عَنْ ذالِكَ}.

“Jika kalian bangun, ucapkanlah Bismillahirrahmanirrahim wa shalla Allahu ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala aalihi wa shahbihi wa sallam, maka malaikat akan mencegah orang-orang dari memfitnah kalian.”

Hadis Kesepuluh

Rasulullah SAW bersabda:

وقال صلى الله عليه وسلم: {إذا جَلَسْتُمْ مَجْلِسا فَقُولُوا بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى الله عَلَى سِيِّدِنا محمدٍ وَعَلى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم فإنَّ مَنْ فَعَلَ ذالكَ وَكَّلَ الله بِهِ مَلَكا يَمْنَعَهُمْ مِنَ الغَيبةِ حَتَّى لا يَغْتَابُوكُمْ}.

“Jika kalian duduk di suatu tempat, ucapkanlah Bismillahirrahmanirrahim wa shalla Allahu ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala aalihi wa shahbihi wa sallam, maka Allah akan menugaskan malaikat untuk mencegah mereka dari bergosip hingga mereka tidak dapat memfitnah kalian.”

Hadis-hadis ini mengajarkan bahwa Bismillahirrahmanirrahim bukan hanya sebuah ucapan, tetapi merupakan pintu menuju perlindungan, kebaikan, dan pengampunan dari Allah SWT.

Baca juga:

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang fadilah Bismillah 100x.

Sebagai penutup, membaca Bismillahirrahmanirrahim sebanyak 100 kali bukan hanya sekadar ritual, melainkan amalan yang penuh dengan fadhilah. Fadilah Bismillah 100x ini dapat memberikan perlindungan, mendatangkan rezeki, menenangkan hati, serta menjauhkan dari mara bahaya.

Dengan niat yang ikhlas dan keyakinan yang kuat, keutamaan Bismillah ini mampu menjadi sumber kekuatan bagi siapa saja yang mengamalkannya. Semoga kita semua senantiasa diberkahi dalam setiap langkah kehidupan dengan keajaiban dan manfaat dari Bismillahirrahmanirrahim.

Terimakasih telah membaca artikel fadilah Bismillah 100x ini, semoga informasi mengenai fadilah Bismillah 100x ini bermanfaat untuk Sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *