Bacaan Shalawat Ummi 

Mengenal Bacaan Shalawat Ummi – Keutamaan, Teks, dan Manfaatnya

Posted on

Hasiltani.id – Mengenal Bacaan Shalawat Ummi – Keutamaan, Teks, dan Manfaatnya. Shalawat Ummi merupakan salah satu bentuk shalawat yang dianjurkan dalam ajaran Islam, khususnya pada hari Jumat.

Bacaan Shalawat Ummi memiliki keistimewaan tersendiri, karena dipercaya dapat membawa banyak keberkahan dan manfaat bagi yang mengamalkannya. Selain itu, bacaan ini juga dikenal dengan keutamaan dalam menghapus dosa serta mendatangkan rahmat dari Allah SWT.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih mendalam mengenai bacaan Shalawat Ummi, termasuk teks lengkapnya, cara pelaksanaannya, serta manfaat yang bisa diperoleh dari amalan ini.

Dengan memahami dan mengamalkan Shalawat Ummi dengan benar, diharapkan kita dapat meraih berbagai kebaikan dan keberkahan yang dijanjikan dalam hadits Rasulullah SAW.

Sholawat Ummi Versi Panjang

Berikut adalah bacaan Shalawat Ummi versi panjang:

اللهم صل على محمد النبي الأمي وعلى آل محمد ، كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم ، وبارك على محمد النبي الأمي وعلى آل محمد ، كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم ، إنك حميد مجيد

Allaahumma shalli ‘alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa’alaa aali Muhammad, kamaa shallaita ‘alaa ibraahiima wa’alaa aali ibraahiim, wabaarik ‘alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa’alaa aali Muhammad, kamaa baarakta ‘alaa ibraahiima wa’alaa aali ibraahiima, innaka hamiidum majiid.

Artinya: “Ya Allah, sampaikanlah sholawat kepada Muhammad, Nabi yang ummi dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi rahmat kepada Ibrahim dan keluarganya. Berilah keberkahan kepada Muhammad, Nabi yang ummi dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi keberkahan kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Mahamulia.” (HR Ahmad, Ibnu Hibban, Daraquthni, dan Baihaqi)

Baca Juga :  Bacaan Sholawat Basyairul Khoirot Beserta Khasiat dan Keutamannya

Sholawat Ummi Versi Pendek

Berikut adalah bacaan Shalawat Ummi versi pendek:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدِ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ وَعَلىَ آلِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا

Allohumma sholli ‘ala muhammadinin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala aalihii wa shohbihii wa sallim tasliiman

Artinya: “Ya Allah, limpahkan rahmat atas Nabi Muhammad yang ummi serta keluarganya, dan berilah mereka keselamatan.”

Sholawat ini dipercaya dapat menghapus dosa selama 80 tahun. Jangan lupa untuk mengamalkannya!

Keutamaan Sholawat Ummi

Setelah mengetahui bacaan Shalawat Ummi, Hasiltani membahas keutamaan sholawat ummi.

Berikut adalah penjelasan tentang keutamaan membaca Sholawat Ummi:

1. Diampuni Dosa Selama 80 Tahun

Membaca Sholawat Ummi secara rutin sebanyak 80 kali pada hari Jumat dapat menghapus dosa-dosa kita selama 80 tahun. Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiallahu Anhu, di mana Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ ثَمَانِينَ مَرَّةً غُفِرَ لَهُ ذُنُوبُ ثَمَانِينَ سَنَةٍ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ الصَّلَاةُ عَلَيْك قَالَ تَقُولُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِك وَنَبِيِّك وَرَسُولِك النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَتَعْقِدُ وَاحِدَةً

Artinya: “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku pada hari Jumat sebanyak 80 kali, niscaya Allah mengampuni dosanya selama 80 tahun.” Kemudian ada yang bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana cara bershalawat kepadamu?” Beliau menjawab, “Ucapkanlah ‘Allahumma sholli ‘ala Muhammadin ‘Abdika wa Rasulika An-Nabiyyil Ummiy,’ ini dihitung sekali.”

2. Dibalas 10 Kali Lipat

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ مَرَّةً صَلَّى اللهُ بِهَا عَشْرًا وَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ عَشْرًا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا مِائَةً

Artinya: “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah membalasnya dengan rahmat sepuluh kali lipat, dan barangsiapa bershalawat kepadaku sepuluh kali, maka Allah membalasnya dengan rahmat seratus kali lipat.”

Baca Juga :  Cara Mengamalkan Sholawat Jibril untuk Kekayaan

Dalam hadits lain juga disebutkan:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً تِلْقَاءَ نَفْسِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرَصَلَوَاتٍ وَحُطَّ عَنْهُ عَشْرُ سَيِّئَاتٍ وَرُفِعَ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Artinya: “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku dengan kemauannya sendiri satu kali, maka Allah akan membalasnya dengan rahmat sepuluh kali lipat, menghapus sepuluh keburukannya, dan mengangkat derajatnya sepuluh kali lipat.”

3. Dijauhkan dari Kebakhilan

Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَلِيِّ بْنِ حُسَيْنِ بْنِ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ حُسَيْنِ بْنِ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْبَخِيلُ الَّذِي مَنْ ذُكِرْتُ عِنْدَهُ فَلَمْ يُصَلِّ عَلَيَّ

Artinya: “Orang yang bakhil adalah orang yang apabila aku disebutkan di hadapannya, ia tidak mengucapkan shalawat kepadaku.” (HR. Tirmidzi)

4. Diangkat Derajatnya

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda:

حَدَّثَنَا أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Artinya: “Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan mengucapkan shalawat kepadanya sepuluh kali, menghapus sepuluh kesalahan darinya, dan mengangkat derajatnya sepuluh derajat.” (HR. Nasai)

Semoga penjelasan ini bermanfaat dan memotivasi kita untuk lebih rajin bershalawat.

Khasiat Sholawat Ummi Hari Jumat

Pada pembahasan bacaan Shalawat Ummi, Hasiltani juga membahas khasiat sholawat ummi hari jumat.

Membaca Sholawat Ummi pada hari Jumat memiliki khasiat yang sangat besar, yaitu dapat menghapus dosa-dosa selama 80 tahun.

Hal ini dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiallahu Anhu, di mana Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga :  Sholawat Nabi Khidir untuk Kekayaan, Rahasia Spiritual dan Materi

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ ثَمَانِينَ مَرَّةً غُفِرَ لَهُ ذُنُوبُ ثَمَانِينَ سَنَةٍ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ الصَّلَاةُ عَلَيْك قَالَ تَقُولُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِك وَنَبِيِّك وَرَسُولِك النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَتَعْقِدُ وَاحِدَةً

Artinya: “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku pada hari Jumat sebanyak 80 kali, niscaya Allah mengampuni dosanya selama 80 tahun.” Kemudian ada yang bertanya kepada beliau, “Wahai Rasulullah, bagaimana cara bershalawat kepadamu?” Beliau menjawab, “Ucapkanlah ‘Allahumma sholli ‘ala Muhammadin ‘Abdika wa Rasulika An-Nabiyyil Ummiy,’ ini dihitung sekali.”

Semoga kita dapat mengamalkan sholawat ini dengan istiqamah untuk mendapatkan keutamaan yang luar biasa tersebut.

Baca juga:

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Bacaan Shalawat Ummi, sebuah amalan yang penuh dengan keutamaan dan manfaat.

Dengan membaca Shalawat Ummi secara rutin, terutama pada hari Jumat, kita dapat merasakan keberkahan yang luar biasa, seperti penghapusan dosa-dosa dan penambahan rahmat dari Allah SWT. Bacaan ini bukan hanya sebuah ibadah, tetapi juga sebagai bentuk kecintaan dan penghormatan kita terhadap Nabi Muhammad SAW.

Semoga artikel ini bermanfaat dan mendorong kita untuk lebih giat dalam mengamalkan shalawat. Mari kita jadikan Bacaan Shalawat Ummi sebagai bagian dari rutinitas ibadah kita, agar kita dapat meraih segala keberkahan dan manfaat yang telah dijanjikan.

Terimakasih telah membaca artikel bacaan Shalawat Ummi ini, semoga informasi mengenai bacaan Shalawat Ummi ini bermanfaat untuk Sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *