October 5, 2022

Saat memasuki halaman atau website tertentu, kita sering diminta untuk mengisi captcha dengan memilih gambar atau menulis kalimat di gambar tersebut.

Aktivitas pengisian captcha diperlukan untuk mengautentikasi pengguna, bukan robot atau AI yang berbahaya untuk situs web.

Pengisian captcha seringkali merepotkan pengguna dan menghambat pekerjaan atau aktivitas pengguna.

Mayoritas pengguna internet menganggap proses verifikasi kuno dan merepotkan.

Baca Juga: Apple Rilis 2 Fitur iMessage Baru untuk iOS 16, Bisa Edit dan Batalkan Pesan!
Iklan untuk Anda: Seluruh Indonesia kaget! Diabetes mudah diobati (lihat di sini)
iklan oleh

Namun, proses verifikasi Captcha yang mengganggu tidak lagi harus dilakukan oleh pengguna iOS 16 dan macOS Ventura.

Itu karena Apple menambahkan fitur baru yang memungkinkan pengguna iOS 16 dan macOS Ventura untuk secara otomatis melewati Captcha.

Sebuah fitur bernama “Verifikasi Otomatis” memungkinkan pengguna untuk masuk ke situs web tanpa harus repot mengisi captcha.

Di WWDC 2022, tim pengembang Apple menjelaskan bahwa pengguna dapat mengganti Captcha dengan Token Akses Pribadi.

Menurut Apple, Token Akses Pribadi adalah alternatif yang mengesankan untuk membantu pengguna mengidentifikasi permintaan HTTP untuk melegitimasi perangkat dan pengguna tanpa mengorbankan identitas atau informasi pribadi pengguna.

Private Token sendiri digunakan sebagai bagian dari proses kriptografi untuk mengkonfirmasi ke server bahwa “klien dapat melewati proses verifikasi”.

Apple menjamin keamanan privasi dan informasi pribadi pengguna saat menggunakan fitur Verifikasi Otomatis.

“Server yang menerima token (pengguna) hanya dapat memverifikasi validasi pengguna, mereka tidak dapat melihat identitas klien atau mengenali klien,” tulis Apple.

Apple mencatat bahwa perusahaan seperti Fastly dan Cloudfare telah mengembangkan dukungan untuk standar pass privasi baru.

Sumber :