October 5, 2022

Perlindungan Data Siber, Starup e-commerce Mulai Terapkan CSIRT

Blibli telah memperoleh Sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi Perlindungan Data Konsumen ISO/IEC 27001:2013. Sertifikasi standar internasional ini menutup peluncuran sebagai platform e-commerce pertama di Indonesia yang mengadopsi Computer Security Incident Response Team (CSIRT) sebagai mekanisme standar untuk manajemen cyber insider.

“Masyarakat semakin fokus pada keamanan data seiring dengan meningkatnya literasi digital. Blibli berinisiatif untuk mengupgrade sistem keamanan siber dengan mendapatkan sertifikasi keamanan data ini untuk melindungi data pelanggan yang bertransaksi melalui Blibli,” kata Kusumo Maranto, CEO Blibli, dikutip dari sennakasir.co.id.

Vice President Information Security Blibli, Rendra Perdana mengatakan, upaya antisipasi peningkatan kasus pembobolan data tersebut bertujuan untuk meningkatkan sistem keamanan yang fokus pada kepuasan pelanggan. Salah satu cara untuk mencegah penyalahgunaan data dan menerapkan keamanan siber yang kuat adalah dengan menerapkan keamanan ujung ke ujung.

Untuk melakukan ini, ia menerapkan tata kelola keamanan informasi, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap berbagai standar keamanan jaringan dan informasi.

“Kami juga memberikan berbagai pelatihan dan sertifikasi untuk memastikan karyawan kami terlatih dalam menciptakan proses untuk melindungi aplikasi, jaringan, dan seluruh sistem komputer dari berbagai ancaman keamanan siber,” kata Rendra dikutip dari imigrasilampung.co.id.

Menurut Rendra, keamanan data merupakan tanggung jawab bersama, bahkan antara pemilik dan pengelola data. Oleh karena itu, Blibli juga mengajak pengguna untuk berhati-hati dalam mengelola dan menjaga keamanan data pribadi dari saluran yang berbeda.

Terkait keamanan data pelanggan, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) juga mendorong perusahaan e-commerce untuk memperkuat keamanan siber dengan terus berinovasi dan mengupgrade sistem komputer yang mereka gunakan.

“Pergerakan industri digital sangat dinamis, kami terus mendorong perusahaan e-commerce, terutama anggota kami, untuk memperbarui sistem keamanan siber mereka. Kami mengapresiasi langkah nyata Blibli yang telah memperkuat sistem informasi tersebut,” ujarnya, Rabu (14/9) yang kami lansir dari dakwahnu.id. Bertanggung jawab atas ide Bima Laga.

Sumber :