October 5, 2022

Terlepas dari kedua jenis suara tersebut, kebanyakan orang lebih memilih gitar akustik untuk pembelajaran tingkat lanjut. Bagi yang ingin belajar gitar, kami merekomendasikan gitar akustik. Ada banyak jenis gitar akustik yang harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda, silahkan baca dulu artikel ini sampai akhir.

Anda secara bertahap dapat belajar lebih baik dengan gitar akustik. Pilih gitar yang bagus dan paling cocok untuk Anda. Di Indonesia, Anda akan menemukan banyak pilihan merek terkenal dengan produk yang berbeda seperti gitar dari Yamaha, Ibanez, Fender, Cort, Gibson, Apx dll. Agar tidak mengecewakan latihan atau aktivitas bermain gitar Anda, Anda perlu menggunakan produk yang tepat.

Tips dan Cara Memilih Gitar Akustik yang Baik untuk Pemula

Bagi pemula, pemilihan gitar akustik yang tepat dan benar harus dipenuhi. Oleh karena itu, kami akan membantu Anda untuk mengenal berbagai gitar akustik yang ada di pasaran. Secara umum, gitar akustik dibagi menjadi empat jenis, yaitu tipe senar baja, gitar standar, gitar akustik elektrik, dan gitar silent. Mana yang tepat untuk Anda? Mari pahami penjelasan berikut!

1. Untuk anak muda, pilihlah

gitar akustik senar baja. Bermain gitar akustik bukan hanya untuk pria. Saat ini juga banyak pemusik wanita yang fasih bermain gitar. Jika Anda seorang gadis yang ingin belajar bermain gitar akustik, kami sarankan Anda menggunakan gitar akustik dengan senar baja. Gitar yang juga dikenal dengan folk ini memiliki ukuran yang kecil.

Lehernya yang ramping membuatnya nyaman untuk dimainkan dan dipegang. Jenis gitar dengan senar baja ini akan cocok untuk orang yang berbadan kecil karena bodinya memiliki lekukan yang lebih dalam. Oleh karena itu, gitar akustik senar baja lebih cocok untuk wanita, anak muda atau bahkan anak-anak.

2. Untuk menghasilkan suara yang dinamis dan khas, gunakan gitar akustik standar

. Perbedaan yang paling mencolok antara gitar senar baja dan tipe standar adalah ukurannya. Gitar akustik standar 1,5 kali lebih tebal, sehingga beratnya lebih dari gitar tipe akustik. Berat tambahan gitar ini bukan hanya karena bahannya yang lebih tebal, tetapi ruang suara atau papan suara memiliki alur yang kurang dangkal. Bentuk melengkung ini dapat menghasilkan suara gitar yang lebih dinamis dan berbeda.

Jika Anda ingin bermain di level profesional, maka gitar akustik tipe standar bisa diandalkan. Anda dapat memainkan berbagai jenis musik dengan gitar akustik standar, mulai dari rock, blues, jazzdan .Dan bahkan lagu-lagu yang terinspirasi oleh musik rock itu karena gitar akustik dirancang khusus untuk mempertajam bass dan nada secara dinamis.

3. Volume suara lebih besar dan jernih dengan

gitar akustik elektrik. Senar baja dan gitar akustik standar sebenarnya dapat dilampirkan ke amplifier untuk menciptakan efek suara yang lebih hebat. Satu-satunya cara adalah menambahkan mikrofon atau pickup ke bodi utama. Namun jika gitar ini tidak didesain untuk keperluan elektro-akustik, maka saat dihubungkan ke amplifier akan banyak kekurangannya seperti feedback yang mengganggu.

Jika Anda benar-benar pandai bermain gitar dan ingin melatih gitar akustik pribadi Anda, belilah gitar akustik elektrik. Jenis gitar ini dirancang dengan sempurna sehingga suara frekuensi rendah dan efek umpan balik yang mengganggu tidak membuat telinga Anda iritasi. Dengan demikian, suara yang dihasilkan akan tetap jernih dan tajam meski volumenya diperbesar.

4. Kontrol suara atau mendengarkan melalui headphone dengan gitar senyap

. Meski jarang dimiliki orang, gitar akustik tipe silent ini cocok untuk Anda yang suka bermain gitar di malam hari tanpa mengganggu anggota keluarga atau tetangga yang sedang beristirahat. Gitar silent, sesuai dengan namanya, merupakan gitar akustik yang bisa diatur naik turunnya.

Gitar ini sangat cocok untuk anda yang tinggal di apartemen atau rumah kontrakan. Anda tidak hanya dapat mengontrol volume, tetapi Anda juga dapat memasang headphone ke badan gitar agar suara tidak menyebar ke seluruh ruangan.

Review Top 10 Rekomendasi Gitar Akustik Untuk Pemula

Nah, setelah memahami berbagai macam gitar akustik yang beredar di pasaran, Anda pasti sudah tahu jenis gitar yang akan dibeli, bukan? Di sini, chordtela.co.id menghadirkan sepuluh merek gitar akustik teratas yang dapat Anda pilih dan mainkan akord favorit Anda. Khusus untuk Anda para pemula, pick gitar berikut ini pasti akan membuat Anda jatuh hati pada salah satunya!

1. Gitar Rakyat Akustik Cowboy

: Kelebihan dari gitar akustik adalah dapat digunakan dengan senar dari berbagai bahan, baik baja, nilon, atau lainnya. Hal ini dibuktikan dengan Cowboy Acoustic Folk Guitar yang senarnya terbuat dari bahan stainless steel. Senar baja atau tipe folk, gitar akustik ini sangat cocok untuk anda yang membutuhkan gitar yang awet dan tahan lama.

Ketahanan gitar tidak hanya didukung oleh bahan senar yang halus dan berkualitas, tetapi juga body gitar basswood dan fingerboard mahoni yang terkenal awet. Bagi pemula, wanita atau anak-anak yang belum menguasai gitar, produk ini akan memberikan kenyamanan berkat ukurannya yang hanya 38 inci.

2. Yamaha Silent Guitar SLG200S

Bila Anda ingin mencari alat musik modern, Anda dapat mempertimbangkan produk Yamaha. Tak perlu diragukan lagi kualitas yang ditawarkan produk Yamaha. Seperti produk ini, Silent Guitar SLG200S adalah gitar akustik yang direkomendasikan bagi siapa saja yang ingin berlatih gitar kapan saja, bahkan di malam hari.

Yamaha menambahkan kontrol volume melalui headphone atau amplifier ke gitar ini. Selain bisa diatur volumenya, gitar akustik ini juga bisa dimainkan dalam mode elektrik. Desain klasik namun tetap stylish membuat Anda terlihat hebat saat memainkannya.

3. Gitar Akustik YesMaha APXT2

Jika ingin memeriahkan suasana malam saat berada di penginapan, Anda bisa membawa serta gitar akustik Yamaha APXT2. Gitar akustik ini tidak akan memakan banyak tempat di mobil pribadi atau umum Anda. Pasalnya, Yamaha mendesain alat musik petik ini dalam ukuran yang kompak dan bodi yang ramping.

Nilai praktis yang ditawarkan membuat gitar ini ideal bagi para pelancong yang ingin bermain gitar di mana pun mereka berada. Gitar ini dapat menghasilkan suara yang khas dan alami melalui amplifier berkat amplifier aktif dan sistem pickup berbasis ART. Tidak hanya itu, Yamaha juga menyebutkan bahwa produk ini dapat menghasilkan suara yang tajam dengan equalizer mid-boost dan chromatic tuner.

4. Ibanez AEG15II LG

Jika Anda membutuhkan gitar akustik yang menjanjikan kualitas suara yang jernih dan tajam meski tidak menggunakan amplifier, produk ini adalah jawabannya! Ibanez merilis gitar akustik dengan ukuran slim sehingga nyaman dimainkan dalam waktu lama. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gitar akustik ini tetap mampu menghasilkan suara yang indah dengan volume yang besar meskipun tanpa menggunakan amplifier.

Bahkan jika Anda ingin menggunakan amplifier, produk ini pasti akan memberikan pengalaman yang lebih baik. Untuk menghasilkan suara yang jernih, Ibanez mengandalkan pickup Fishman Sonicore dan preamp pIbanez. Panel papan suara untuk gitar ini terbuat dari kayu cedar di bagian depan. Untuk bagian belakang dan samping, Ibanez mengaplikasi kayu mahoni yang membuat gitar ini tidak mudah remuk meski terjatuh dan mengenai permukaan yang keras.

5. Gitar Akustik

Yamaha F310 Yamaha F310 merupakan gitar akustik yang ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau. Bagi anda yang sedang mencari gitar akustik murah, anda harus mempertimbangkan produk ini. Yamaha mendesain bagian depan gitar dengan kayu fir, bagian belakang dan samping dari kayu mahoni, dan bagian leher dari kayu rosewood.

Perpaduan material yang kuat pada ketiga bagian utama gitar akustik ini membuatnya sangat baik dalam menghasilkan suara yang jernih. Bagi Anda yang ingin berlatih gitar tetapi tidak ingin kesulitan menjangkau semua senar, Yamaha F310 telah mendesain fingerboard dengan ukuran yang pas sehingga bagi yang belum terbiasa memainkannya pun akan nyaman.

6. Yamaha

APX500II Bermain gitar dengan Yamaha APX500II sepertinya membawa Anda kembali ke tahun 80-an. Pasalnya, gitar ini terdengar sangat klasik namun tetap elegan. Warna putih yang mencolok menjadi ciri khas gitar ini. Daya tarik lain yang dimiliki oleh gitar akustik Yamaha ini terlihat pada bentuk bodi yang unik dari produk ini.

Pengalaman bermain gitar Anda akan lebih menyenangkan dengan produk ini. Dengan sistem pola penguat tipe x modern, gitar ini mampu menghasilkan kualitas suara yang sempurna dan natural. Belum lagi Yamaha juga membekali gitar akustik ini dengan sistem pickup SRT dan sistem loudspeaker modern yang mampu memberikan efek suara berkualitas studio.

7. Gitar Akustik Fender Ron Emory Loyalty Parlor

Ron Emory adalah gitaris terkenal yang merupakan bagian dari band True Sounds of Liberty. Terinspirasi oleh sang gitaris, Fender merilis sebuah gitar bernama Ron Emory Loyalty Parlor Acoustic Guitar. Tampilannya yang klasik dengan sentuhan vintage tahun 1930-an membuatnya sangat sayang untuk dilewatkan.

Tidak hanya menonjolkan kesan klasik, gitar akustik ini juga dibuat dengan bahan mahoni di bagian belakang, leher dan samping, serta kayu cemara di permukaan gitar. Pilihan material akan mendukung Anda untuk memainkan lagu-lagu bernuansa punk atau rock dengan efek suara bass yang maksimal.

8. Taylor Swift Baby Taylor Guitars

Berbeda dengan Fender, Taylor Guitars berkolaborasi dengan Taylor Swift untuk membuat gitar akustik ini. Gitar ini sangat langka sehingga bisa dibuat grup karena memiliki nilai seni yang tinggi. Gitar ini tidak hanya memiliki ciri khas Taylor Swift yang asli, tetapi Anda juga akan menemukan pola berbentuk sulur yang indah di lubang suara.

Bermain gitar dengan Taylor Guitars Taylor Swift Baby Taylor akan membuat Anda bersinar seperti artis terkenal Amerika ini. Dirancang dengan ukuran tipe standar dan leher panjang 11/16″, gitar ini cocok untuk wanita, anak-anak atau pemula.

9. Cort SFX-ME-OP Sebagus apapun

playernya, jika tidak didukung dengan gitar yang berkualitas maka performanya akan buruk. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk pintar-pintar dalam memilih gitar akustik. Cort menawarkan pilihan gitar yang menjamin kualitas suara yang bagus.

Ini dicapai melalui penggunaan kayu mahoni di bagian samping dan belakang dan kayu cemara di permukaan. Kombinasi yang sempurna dapat mencegah noise yang muncul saat bermain gitar. Jenis kayu cemara yang kuat tidak hanya membuat gitar ini tahan lama, sangat cocok untuk menyanyikan genre apa pun!

10. Legenda YH-36C

Rekomendasi terakhir kami untuk Anda adalah Legenda YH-36C. Produk ini direkomendasikan untuk pemula yang ingin berlatih gitar hingga ke panggung profesional. Gitar akustik Legend ini akan mendukung pemula berkat pengait di ujung bodi gitar untuk memasang strap.

Dengan strap, Anda dapat memainkan gitar tanpa harus memegangnya di pangkuan Anda. Aktivitas latihan Anda akan maksimal tanpa diganggu oleh gitar yang mudah digeser. Jika Anda sudah mahir memainkannya, Anda bisa melepas strapnya misalnya jika ingin bermain gitar sambil duduk.