October 5, 2022

Tips Memilih Laptop Gaming yang Berkualitas Bagi banyak gamers, main game di komputer atau game console di rumah memang menjadi pilihan yang terbaik. Namun memiliki laptop dengan specs yang memadai untuk main game, tentu bisa menjadi keinginan banyak orang.

Memakai laptop gaming tentu lebih praktis dibandingkan PC, dan dapat digunakan pada saat bepergian.

Bagi yang sedang mempertimbangkan untuk membeli laptop gaming, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar dapat memilih 

laptop gaming terbaik. Tidak hanya spesifikasi yang paling canggih, tentunya spesifikasi yang dicari harus sesuai dengan jenis game yang akan dimainkan.

Misalnya jika tujuan Anda membeli laptop adalah untuk main game besar dengan desain grafis yang rumit, tentu pilihan Anda akan berbeda jika dibandingkan dengan yang menyukai game ringan yang menghibur atau game betting yang bisa diakses di perangkat yang digunakan.

Agar tidak salah pilih saat akan membeli laptop gaming, perhatikan beberapa tipsnya berikut ini.

1. Memilih GPU yang tepat

Memilih laptop dengan GPU yang tepat untuk gaming menjadi langkah yang sangat penting. GPU laptop tidak dapat diupgrade, dan banyak game yang bergantung pada kualitas GPU. Laptop gaming umumnya memiliki GPU Nvidia GeForce atau RTX.

Pilihan GPU terbaik tentunya disesuaikan dengan jenis game yang akan dimainkan. Misalnya untuk game entry level bisa memilih GPU GTX 3050 or RX 5500M. Sementara itu Nvidia GeForce TRX 3060 dapat menjadi pilihan medium yang tentunya memiliki harga yang lebih tinggi.

Dan bagi yang ingin main game VR atau game tingkat tinggi lainnya, Anda dapat memilih laptop dengan GPU RTX 3070, RTX 3080, atau RTX 3080 Ti agar main game lebih lancar dan bebas lagging.

2. Prosesor apa yang terbaik untuk gaming?

Selain memperhatikan kualitas, memilih prosesor juga perlu disesuaikan dengan budget yang tersedia. Main game akan lebih lancar dengan prosesor

Core i7 atau dengan Intel Core i9-12900HK. Namun jika budget Anda terbatas, laptop dengan prosesor Core i5 juga cukup lancar untuk main game. Sebaliknya, jika memiliki budget lebih, sebaiknya pilihlah prosesor keluaran terbaru.

Prosesor tidak dapat diupgrade. Memilih laptop gaming dengan prosesor Intel 12th Gen Core dapat dipertimbangkan bagi yang memiliki budget.

Lihat Disini: pjjaptikom.id

3. Hard drive atau SSD?

Laptop gaming biasanya memakai SSD agar lebih lancar dan mempersingkat waktu loading. Semakin tinggi kapasitas SSD, semakin baik pula kualitasnya.

Namun tentu saja tergantung pada budget yang ada. Semakin tinggi hard drive dan SSD, harganya pun pasti akan semakin mahal. Banyak laptop gaming yang mengkombinasikan hard drive dengan SSD,

misalnya dengan 1TB HDD ditambah dengan 128GB SSD. Berbeda dengan CPU, hard drive dan SSD dapat diupgrade. Jadi jika budget Anda terbatas, Anda dapat memilih yang terjangkau dulu. Lalu jika ada budget lagi Anda bisa mengupgrade HDD dan SSD dengan kapasitas yang lebih besar.

4. Berapa RAM yang direkomendasikan?

Agar main game lebih lancar, carilah laptop dengan RAM 8GB ke atas. Jika ada budget, pilihlah laptop dengan RAM 16GB. Laptop yang memiliki GTX 3050 atau 3050 Ti biasanya memiliki RAM 8 GB. Sementara itu GTX 3060 ke atas biasanya hadir dengan RAM 16 GB.

5. Spesifikasi monitor yang tepat

Laptop gaming umumnya hadir dengan ukuran monitor 15 hingga 17 inci. Namun ukuran layar ini sebenarnya tergantung dari selera masing-masing. Ada yang lebih menyukai laptop 14 inci karena lebih praktis, ada juga yang menginginkan laptop gaming dengan layar 18 inci. Jangan memilih monitor dengan resolusi kurang dari 1920 x 1080 piksel.

Kesimpulan

Saat memilih laptop gaming, dapatkan yang akan bertahan selama beberapa tahun. Jika Anda mampu membelinya, dapatkan GPU kelas menengah hingga kelas atas, meskipun jelas kartu yang lebih baik akan menawarkan kinerja yang lebih baik.

Pilihan itu lebih penting daripada RAM dan CPU, meskipun Anda juga harus memperhatikannya. Selain itu kalian bisa mencoba memainkan game eFootbal dan mendapatkan eFootball PES 2021 PC + Full Game Crack Multiplayer.

Penyimpanan adalah yang paling mungkin untuk ditingkatkan, tetapi lebih banyak lebih baik, karena game memakan banyak ruang. Putuskan apakah Anda lebih suka resolusi yang lebih tinggi atau tampilan yang lebih cepat dan pertimbangkan perangkat lunak apa yang akan membantu Anda,

tetapi ketahuilah bahwa Anda tidak akan mendapatkan masa pakai baterai yang baik. Bagaimana semuanya bekerja bersama menentukan seberapa baik kinerja laptop gaming di bangku tes Tom Hardware.